![]() |
Siswa mengambil kartu |
![]() | |
Mendapat poin |
a. Pengertian Pembelajaran Koperatif (Cooperative Learning)
Pembelajaran Kooperatif (cooperative learning)
merupakan system pengajaran yang memberi kesempatan kepada anak didik
untuk bekerja sama dengan sesama siswa dalam tugas-tugas yang
terstruktur. Pembelajaran kooperatif dikenal dengan pembelajaran secara
berkelompok. Tetapi belajar kooperatif lebih dari sekedar belajar
kelompok atau kerja kelompok karena dalam belajar kooperatif ada
struktur dorongan atau tugas yang bersifat kooperatif sehingga
memungkinkan terjadinya interaksi secara terbuka dan hubungan yang
bersifat interdepedensi efektif diantara anggota kelompok. (Sugandi
dalam Tukiran T, dkk, 2011: 55).
Jadi
model pembelajaran kooperatif adalah kegiatan pembelajaran dengan cara
berkelompok untuk bekerja sama saling membantu mengkonstruksi konsep,
menyelesaikan persoalan, atau inkuiri.
b. Pengertian Make a Match
Make
a match atau mencari pasangan adalah model pembelajaran kooperatif
dengan cara mencari pasangan soal/jawaban yang tepat, siswa yang sudah
menemukan pasangannya sebelum batas waktu akan mendapat poin.
Pasangan-pasangan yang sudah terbentuk wajib menunjukkan pertanyaan-jawaban dan dibacakan di depan kelas.
c. Kelebihan dan kekurangan make a match
Kelebihan dari model pembelajaran kooperatif tipe make a match
adalah : 1) mampu menciptakan suasana belajar aktif dan menyenangkan;
2) materi pembelajaran yang disampaikan kepada siswa lebih menarik
perhatian; 3) mampu meningkatkan hasil belajar siswa mencapai taraf
ketuntasan belajar secara klasikal.
Kekurangan make a match
adalah 1) diperlukan bimbingan dari guru untuk melakukan kegiatan; 2)
waktu yang tersedia perlu dibatasi jangan sampai siswa bermain-main
dalam pembelajaran; 3) guru perlu persiapan alat dan bahan yang memadai.
d. Langkah-langkah model Pembelajaran Make a Match
1) Guru
menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang
cocok untuk sesi review, sebaiknya satu bagian kartu berisi soal dan
bagian lainnya berisi jawaban.
2) Setiap siswa mendapat satu buah kartu
3) Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya
4) Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin
5) Setetelah satu babak, kartu dikocok lagi agar setiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya
6) Demikian seterusnya; 7) Kesimpulan /penutup
Daftar Pustaka:
Nurani, http://nurani-mustintin.blogspot.com/2012/03/pembelajaran-kooperatif-tipe-make- match.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar