Teori Belajar Menurut Edwin Guthrie - Edwin Guthrie menggunakan variabel
hubungan stimulus dan respon untuk menjelaskan terjadinya proses
belajar. Namun ia mengemukakan bahwa stimulus tidak harus berhubungan
dengan kebutuhan atau pemuasan biologis sebagaimana yang dijelaskan oleh
Clark dan Hull. Dijelaskannya bahwa hubungan antara stimulus dan respon cenderung hanya bersifat sementara,
oleh sebab itu dalam kegiatan belajar peserta didik
perlu sesering mungkin diberikan stimulus agar hubungan antara stimulus
dan respon bersifat lebih tetap. Edwin Guthrie juga mengemukakan, agar
respon yang muncul sifatnya lebih kuat dan bahkan menetap, maka
diperlukan berbagai macam stimulus yang berhubungan dengan respon
tersebut. Guthrie juga percaya bahwa hukuman (punishment) memegang
peranan penting dalam proses belajar. Hukuman yang diberikan pada saat
yang tepat akan mampu merubah kebiasaan dan perilaku seseorang. Namun
setelah Skinner mengemukakan dan mempopulerkan akan pentingnya penguatan
(reinforcemant) dalam teori belajarnya, maka hukuman tidak lagi
dipentingkan dalam belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar